Sekarang orang-orang berlomba-lomba membeli hp dimulai dari hp bekas sampai hp baru yang bermerk hp terbaik sampai belum ternama. Bila ditanya apa itu handphone, siapa yang tidak bisa menjawabnya? Adakah yang tidak bisa menjawabnya? Jika ada yang tidak bisa menjawabnya, tidak perlu khawatir. Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan seperti apa itu handphone? Sejarah handphone? Fungsi handphone.

Apa Itu Handphone

Handphone merupakan alat yang bisa dikatakan wajib bagi orang millennial untuk berkomunikasi secara elektronik yang kemampuan dasarnya mirip benar dengan telpon kabel. Perbedaan nyata antara telpon kabel dan handphone adalah handphone sangat fleksibel, sehingga bisa dibawa kemana-mana tanpa kabel dan serta bisa tersambung dengan internet.

Fungsi Handphone

Dalam kehidupan sehari-hari manusia modern sudah tak bisa melepaskan diri dari handphone. Lebih-lebih, teknologi handphone berkembang sangat pesat. Sehingga fungsi handphone juga berkembang. Tidak hanya untuk berkomunikasi melalui suara dan pesan. Fungsi handphone telah berkembang sedemikian rupa sebagai media entertainment (musik, film, video, internet) dan media bisnis. Selain perkembangan fungsi handphone, sekarang istilahnya pun mengalami perkembangan, yaitu smartphone.

Sejarah Handphone

Bila ditanya sejarah handphone pasti tidak luput dari cikal bakal handphone yakni telpon kabel. Tapi handphone sendiri ditemukan tahun 1973 oleh Martin Cooper seorang karyawan Motorola. Tipe pertama dari handphone rilisan Cooper disebut Dyna TAC. Saat itu handphone Dyna TAC merupakan ponsel praktis yang bisa dibawa kemanapun.

Baca Juga:  Elektronik Adalah? Pengertian Elektronika? Komponen Elektronika?

Karena Dyna TAC merupakan rilisan pertama, sudah pasti handphone ini memiliki bobot yang sangat berat, 2 KG. Di samping itu, biaya pembuatannya pun sangat mahal, 90 juta rupiah. Selain Cooper, ada banyak orang yang berjasa dalam mengembangkan handphone. Salah satunya adalah Amos Jpel Jr.

Dimana, ia memfokuskan diri pada teknologi switching yang bermanfaat untuk menyambungkan handpone dari satu tempat menuju tempat lainnya. Dengan begitu, pengguna handphone bisa bergerak aktif tanpa terputus sambungan komunikasinya.

Dalam perkembangan selanjutnya, bentuk handphone semakin kecil dengan harga yang mulai masuk akal. Mulai ada penambahan fitur – seperti audio, kamera, video, foto, game, hingga jaringan internet. Kini handphone tak ubahnya seperti komputer dalam bentuk lebih kecil juga sudah mempunyai fitur terbaru seperti hp dual kamera terbaik. Meski begitu, fungsi handphone yang utama adalah sebagai alat komunikasi via suara dan pesan singkat (SMS) tak berubah.

Image: https://elektronikarsip.id/photos/person-holding-white-smartphone-141362/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *