Elektronik Adalah? Pengertian Elektronika?

Siapa sih yang tidak tahu dengan yang namanya elektronik? Yang sekarang sudah terdiri banyak merek elektronik indonesia yang terkenal. Elektronik adalah alat atau benda yang memiliki prinsip dan komponen dasar elektronika sebagai sistem pengoperasiannya. Elektronika sendiri merupakan suatu dasar yang berguna untuk mengontrol aliran bermuatan listrik yang memiliki komponen pasif dan komponen aktif. Apakah Anda masih berkeyakinan bahwa pengertian elektronika dan elektronik itu sama? Terus simak artikel ini.

Komponen Elektronika

Salah satu komponen pada elektronik adalah komponen aktif elektronika yang dapat berfungsi dengan menggunakan arus atau tegangan listrik, seperti transistor sebagai salah satu alat semikonduktor yang berguna untuk alat pemutus, penguat, penstabilan, dan penyambung.

Kedua dioda yang berfungsi sebagai penyama arah suatu arus dari bolak-balik menjadi searah. Tugas dari dioda sendiri ada 8, yaitu tegangan rendah, pengaman susunan arus, penyearah dari arus AC ke arus DC, pergerakan cahaya menjadi sensor, dioda berkapasitas sesuai tegangannya, dapat memancarkan cahaya laser, memancarkan cahaya monokrom, serta sebagai pengendali. Ketiga ada IC yang berfungsi sebagai media penyimpanan, pengontrol, dan penguat.

Sedangkan komponen yang lainnya adalah komponen pasif elektronika. Komponen pasif elektronika adalah suatu komponen yang berbalikan dengan komponen aktif, dapat berfungsi tanpa menggunakan tegangan atau arus listrik. Seperti kapasitor yang mampu menyimpan daya listrik untuk sementara waktu sebagai penyaring daya, memilih gelombang radio, serta pemerata arus listrik. Kemudian ada induktor yang memiliki tugas sebagai penyambung, penyaring, serta pengatur frekuensi. Ketiga ada resistor sebagai pengatur dan hambatan arus listrik dalam susunan elektronika.

Baca Juga:  Tips Menemukan Komputer Gaming Terbaik

Fungsi Elektronika

Setelah mengetahui pengertian elektronika, elektronik dan komponennya, mungkin lebih baik Anda mengetahui fungsi dari elektronika. Fungsi elektronika yakni sebagai konversi, pengendalian, pembangkitan, penyearah, dan penguatan. Sehingga alat ini sangat penting sebagai penunjang kualitas hidup dan mempermudah aktivitas sehari-hari. Dalam dunia industri alat ini berguna untuk pengolahan data penelitian, proses produksi, otomasi produksi, dan juga sebagai pengendali kualitas produk.

Dari pembahasan diatas memiliki kesimpulan bahwa pengertian elektronika dengan elektronik itu berbeda. Elektronik adalah suatu perangkat yang dibuatkan berdasarkan teknik dasar elektronika. Dalam teknik ini terdapat komponen aktif dan komponen pasif yang memiliki tugas berbeda-beda dalam perangkat.

Pada zaman pengembangan teknologi sekarang penggunaan perangkat berbasis elektronika sangat bermanfaat bagi kehidupan pribadi, rumah tangga, dan perindustrian. Fungsi dari perangkat ini dapat sebagai media informatika, untuk berkomunikasi, hiburan, untuk mengabadikan suatu momen, serta mempermudah aktivitas rumah tangga dan industri.

Image: https://elektronikarsip.id/photos/147730532@N07-34332414360/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *