Menurut penjelasannya secara umum, kamera diartikan sebagai alat yang memiliki kemampuan menangkap peristiwa dalam bentuk gambar. Dengan demikian, kita dapat melihat kembali peristiwa tersebut. Kamera memiliki beragam jenis, seperti kamera saku (pocket), kamera DSLR, kamera SLR, kamera Prosumer, kamera Mirrorless, kamera Lomo, dan satu lagi kamera yang tak kalah unik, yaitu kamera lubang jarum. Apa itu kamera lubang jarum? Kenapa dikatakan unik?

Apa Itu Kamera Lubang Jarum? Kenapa Dikatakan Unik?

Jawabannya sederhana, karena kamera ini tidak perlu dibeli sehingga kamera ini tidak ada yang menjual. Itulah kenapa kamera lubang jarum dibuat sendiri oleh fotografer. Sebenarnya, kamera lubang jarum itu adalah kamera buatan yang memanfaatkan teknik perekaman dasar sebuah subjek berdasarkan teori optis.

Baca Juga:  Tips Beli Kulkas Berkualitas dan Tepat

Sama seperti jenis kamera lainnya, hasil jepretan kamera lubang jarum tergantung kekreatifan fotografernya dalam mencari komposisi antara subjek dan cahaya. Dan tentunya, tepat momen menangkap peristiwanya. Secara umum, gambar / foto yang dihasilkan oleh kamera lubang jarum itu mirip kamera biasa dengan lensa fish eye. Makin silindris lubang kameranya tentunya makin bagus.

Cara Membuat Kamera Lubang Jarum?

Sebelum melanjutkan membaca artikel selanjutnya tentang cara membuat kamera lubang jarum, tentunya kita harus ketahui terlebih dulu bagian-bagiannya. Apa saja bagian-bagian yang terdapat pada kamera lubang jarum ini?

  1. Lensa KLJ
  2. Celah Cahaya
  3. Ruang Film
  4. Shutter
Image: https://elektronikarsip.id/photos/gallery-mrfoxtalbot-72157622508341805/ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *