Secara umumnya, kulkas terbagi dalam 3 jenis, yaitu: fridge (mari kita sebut kulkas saja karena umum), freezer, dan showcase. Mungkin Anda bertanya-tanya perbedaan kulkas dan freezer serta showcase? atau Anda ingin bertanya tips beli kulkas berkualitas yang sesuai kebutuhan tentunya Anda harus tahu dulu perbedaan dari jenis jenis kulkas bukan? Jangan khawatir di artikel ini ada jawabannya.

Perbedaan Kulkas dan Freezer serta Showcase

Pertanyaan tersebut bisa dengan mudah terjawab jika Anda mengetahui perbedaan diantara ketiganya. Perbedaan-perbedaan ini dapat dilihat dari fisik, fungsi, suhu maksimal pendinginan, dan konsumsi daya listrik. Mari simak penjelasan dari perbedaan kulkas dan freezer serta showcase berikut ini.

Perbedaan dari Fisik dan Fungsi

Kulkas biasa atau fridge adalah jenis kulkas yang dengan varian satu atau dua pintu yang tidak tembus pandang. Hal ini berbeda dengan kulkas showcase yang isinya bisa dilihat dari luar. Jenis kulkas showcase umumnya dipakai di mini market atau swalayan untuk memajang minuman kaleng / botol, dll.

Sedangkan, kulkas freezer adalah jenis kulkas yang dipakai untuk membekukan makanan saja. Umumnya, difungsikan untuk mendisplay makanan beku olahan dan es krim. Ada dua tipe kulkas freezer, yakni: deep freezer dan chest freezer.

Perbedaan dari Suhu Maksimal Pendinginan

Kulkas freezer berada di posisi pertama dalam hal mencapai suhu maksimal pendinginan karena you know lah tipe ini dibuat paling khusus untuk membekukan sesuatu. Lalu disusul oleh kulkas tipe fridge dan showcase.

Perbedaan dari Daya Tampung serta Pengaturan Letak Barang

Dalam persoalan daya tampung serta pengaturan letak barang, kulkas jenis showcase tentunya menempati posisi pertama karena lebih panjang serta lebar dari kulkas tipe yang lain. Selanjutnya disusul dengan kulkas tipe freezer dan fridge.

Baca Juga:  Inilah 3 Daftar Merk Laptop yang Awet
Perbedaan dari Konsumsi Daya Listrik

Urutan jenis kulkas yang paling banyak memakan konsumsi daya listrik adalah showcase lalu fridge setelah itu freezer. Hal ini dikarenakan showcase lebih sering dibuka. Ketika sebuah kulkas dibuka, maka udara dari luar akan masuk. Untuk mendinginkan kembali, kulkas akan mengambil konsumsi daya listrik yang lebih tinggi.

Perbedaan dari Harga

Karena memiliki kemampuan berbeda-beda, tentu saja ketiga jenis kulkas diatas memiliki perbedaan harga. Jika kulkas fridge bisa dibeli mulai harga 1,2 hingga 10 juta atau bisa juga lebih, maka sebuah kulkas showcase bisa didapatkan dengan harga 2,3 juta sampai 11 juta rupiah.

Sementara itu, kulkas freezer jauh lebih murah dikisaran harga 2 sampai 5 juta. Hal ini bisa dimaklumi, karena kulkas freezer memang jarang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Anda juga tahu karena yang paling umum juga sering digunakan merupakan kulkas bertipe fridge atau biasa.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah memahami dari perbedaan kulkas dan freezer serta showcase? Jika masih belum atau Anda ingin bertanya kulkas yang bagus merk apa ya? Atau tips beli kulkas terbaik?, Anda boleh berkomentar atau bisa hubungi kami langsung di halaman contact us.

Image: https://elektronikarsip.id/photos/hospitality-fridge-hand-door-3793946/

One Reply to “Perbedaan Kulkas dan Freezer serta Showcase”

  1. It’s the best time to make some plans for the future and it is time to be happy.

    I have read this post and if I could I want to suggest you some interesting things or suggestions.
    Perhaps you can write next articles referring to this article.
    I wish to read more things about it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *