Kamera vlog biasanya dijadikan salah satu “senjata” untuk membuat video Youtube. Jangan salah, Youtube bukanlah Hollywood yang membutuhkan hasil rekaman dari kamera berkualitas mahal seharga rumah. Bahkan, kamera murah dan direkam dengan cara biasa juga bisa mendatangkan banyak viewer. Tapi, terkadang kita harus mengoptimalkan kamera vlog secara maksimal untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk video youtube.

Daftar Tips Tentang Cara Mengoptimalkan Kamera Vlog untuk Video Youtube

Nah, di bawah ini akan ada empat tips tentang cara mengoptimalkannya yang bisa digunakan oleh Anda untuk digunakan sebagai perekam video Youtube.

  1. Hal pertama, untuk mengoptimalkan kamera vlog adalah mengenali kamera vlog Anda – apakah bisa dibawa kemanapun (fleksibel)? Vlog merupakan akronim dari video blog, sehingga video-video dari vlog tentu mencerminkan dari kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana bisa membuat vlog jika kamera yang Anda gunakan saja sulit bergerak.
  2. Hal kedua, yang perlu diperhatikan lain adalah hasil video berkualitas, walaupun kamera vlog Anda harganya murah meriah.
  3. Hal ketiga, yang sebaiknya diperhatikan adalah kamera vlog Anda wajib memiliki OIS (Optical Image Stabilization). Seperti disebutkan sebelumnya, jika video vlog merupakan video yang mencerminkan kehidupan sehari-hari. Ketika kita sedang jalan, dan merekam vlog, maka hasil video rekaman Anda akan berantakan. Tapi berbeda ketika kamera vlog Anda dilengkapi OIS. Video rekaman Anda akan jauh dari kesan berantakan.
  4. Hal keempat, untuk mengoptimalkan kamera vlog Anda, yaitu kelengkapan pada kamera. Apa coba? Mikrofon! Yep, rata-rata kamera vlog murah tidak menyertakan mikrofon ke dalam bundling kamera yang dijual. Anda harus membeli lagi. Kelengkapan mikropon sama pentingnya dengan fitur OIS pada kamera. Karena nantinya, suara Anda di dalam video akan nyelem. Alhasil, sayang banget jika kualitas video bagus tapi kualitas audio kurang bagus. Jika kamera Anda tidak memiliki mikropon, maka Anda bisa menggantinya dengan mikropon smartphone.
Baca Juga:  Apa Itu Dispenser? Jenis Jenis Dispenser?

Beberapa kamera vlog ini cocok digunakan untuk membuat video Youtube. Ada Canon Powershot SX620 HS, Canon Vixia HF R800 Camcoder (memiliki port mikrofon), Sony Cyber-Shot DSC-WX500, Nikon Coolpix B500, dan Seri Kamera Action Yi.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips lain mengoptimalkan kamera vlog untuk video Youtube? Silakan tuliskan di kolom komentar!

Image: https://elektronikarsip.id/photos/macbook-air-beside-notebook-and-camera-916335/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *